Karakterisasi senyawa bahan alam

Karakterisasi senyawa bahan alam 



Pada kali ini saya akan membahas tentang karakteristik  senyawa organik bahan alam. Seperti namanya, maka senyawa organik ini berasal dari bahan bahan alam yang ada disekitar kita. Senyawa organik bahan alam ini dapat diperoleh dari tumbuhan baik pada bagian daun, bunga, batang, akar, buah maupun kilit batang dengan menggunakan screening fitokimia atau berdasarkan uji peraksi.




Struktur Piperazin memiliki kemiripan dengan piperidine yang memiliki aksi anthelmintic (dapat meulumpuhkan parasite). Senyawa Piperazin ini bebas larut dalam air dan etilen glikol tetapi tidak larut dalam dietil eter. Piperazin merupakan senyawa analgesic perifer (non narkotik), dimana analgesic merupakan obat penghilang rasa sakit ataupun nyeri tanpa menghilangkan kesadaran seseorang.

Jika dilihat dari strukturnya, piperazin memiliki 2 cincin aromatic, cincin piperazin, atom karbon kuartener dan 2 gugus R yang dapat digantikan oleh unsur ataupun senyawa sehingga memiliki khasiat yang berpotensi bagi manusia.

1.     Cincin aromatic

Cincin ini dihubungkan oleh atom karbon dan jika cincin aromatic ini dihilangkan maka akan menurunkan sifat analgesic dari dari senyawa piperazin

2.    Cincin piperazin

Cincin ini merupakan lambang ataupun ciri khas dari senyawa piperazin yang mana terletak ditengah dan mengandung 2 atom nitrogen.

3.    Gugus R

Pada senyawa piperazin terdapat 2 gugus R yang dapat digantikan oleh unsur ataupun senyawa lain sehingga menghasilkan derivate derivate piperazin

4.    Atom karbon kuartener

Karbon pada senyawa ini dapat dilihat sebagai penghubung antara 2 cincin aromatic dengan cincin piperazin juga mengikat 1 buah atom hydrogen yang mudah sekali bereaksi terhadap serangan nukleofilik.


Permasalahan :

11. Berdasarkan strukturnya, Coba anda jelaskan secara singkat karakteristik senyawa piperazin?

22. Menurut anda, bagian mana dari struktur piperazin yang dapat menghasilkan derivate berkhasiat?
3. Coba anda perkirakan turunan apa saja yang dapat terbentuk dari senyawa piperazin ini?




Komentar

  1. Saya akan menjawab permasalahan kedua, apabila tidak ada metabolit sekunder dalam tanaman maka tumbuhan tersebut tidak dapat mempertahankan dirinya. Tumbuhan tersebut akan mati

    BalasHapus
  2. Saya ruslan rabani nim a1c117028
    3. Senyawa bahan alam memang mayoritas terdapat pada tumbuhan, karena sebagian besar senyawa organik bahan alam berupa senyawa aromatik dan falavanoid yang memberikan beberapa warna pada tumbuhan, maka dari itu senyawa bahan alam mayoritas terdapat pada tumbuhan.

    Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  3. No.1 Kita bisa menguji kandungan metabolit sekunder pada tanaman tersebut, sehingga kita tau kandungan yang terdapat di dalam tanaman dan lebih mudah untuk memanfaatkannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer