Senyawa Poliena Dan Zat Warna Serta Kaitannya Dengan Spektro UV-Vis


Senyawa Poliena Dan Zat Warna Serta Kaitannya Dengan Spektro UV-Vis

Senyawa poliena, seperti namanya maka jelaslah bahwa senyawa ini merupakan senyawa tak jenuh sama halnya seperti alkena dan alkuna karena senyawa poliena ini memiliki banyak ikatan rangkap. Terdapat dua jenis senyawa poliena yaitu alkadiena dan alkatriena. Alkadiena ialah hidrokarbon seperti alkena hanya saja memiliki dua ikatan rangkap dua sedangkan alkatriena ialah hidrokarbon dengan tiga ikatan rangkap dua.


 Contoh Alkadiena :



Zat warna merupakan suatu zat aditif yang ditambahkan pada beberapa produk industry. Di Indonesia saat ini banyak diproduksi pewarna sintesis dari bahan bahan kimia. Salah satu keunggulan dari zat warna sintesis adalah lebih mudah diperoleh, ketersediaan waktu terjamin, jenis warna bermacam-macam dan lebih praktis dalam penggunaannya. Penggunaan zat warna sintesis ini dapat menimbulkan masalah kesehatan dan membahayakan kesehatan manusia serta lingkungan hidup karena bersifat karsinogenik yang menyebabkan kanker kulitdan merusak lingkungan.
Spektrofotometer UV-Vis merupakan pengukuran panjang gelombang dan intensitas sinar ultraviolet dan cahaya tampak yang diadsorbsi oleh sampel. Sinar ultraviolet dan cahaya tampak memiliki energi yang cukup untuk mempromosikan elektron pada kulit terluar ketingkat energi yang lebih tinggi.
Pada umumnya Spektrofotometer UV-Vis digunakan untuk :
1.      Menetukan jenis kromofor, ikatan rangkap yang terkonyugasi dan auksokrom dari suatu senyawa organic
2.      Menjelaskan informasi dari struktur berdasarkan oanjang gelombang maksimum suatu senyawa
3.      Mampu menganalisis senyawa organic secara kuantitatif dengan menggunakan hukum Lambert-Beer

Permasalahan :
1.      Salah satu senyawa poliena adalah betakaroten yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Jika dilihat dari strukturnya coba anda jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
2.      Coba anda jelaskan hubungan atau keterkaitan senyawa poliena dengan spektro UV-Vis?
3.      Coba anda jelaskan hubungan atau keterkaitan zat warna dengan spektro UV-Vis?

Komentar

  1. Assalamualaikum wr wb.
    Saya Khairil Liza
    NIM A1C117036

    Saya akan mencoba menjawab permasalahan pertama dari neng, yaitu betakaroten sebagai antioksidan.
    Dari struktur betakaroten ini dapat mengubah sifat radikal menjadi non radikal dan dapat membuat perubahan oksidasi radikal oleh antioksidan. Struktur molekul betakaroten ini, memiliki kemampuan melepas atom hydrogen, dan juga dapat mengubah radikal menjadi reaktivitas rendah sehingga tidak terjadi reaksi dengan lemak atau molekul lain.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 2.
    Dimna keterkaitan spektro uv vis dngan poliena dmna spektrum uv-vis poliena terkonjugasi.
    Yg mna Partikel dalam model kotak dapat diterapkan pada elektron pi dari poliena terkonjugasi. Dengan menggunakan lenths ikatan untuk l, kita dapat menemukan energi pi ke transisi pi_star untuk poliena terkonjugasi dengan panjang tertentu, dan melihat bahwa nilai-nilai itu lebih baik dibandingkan dengan puncak spektral uv-vis.
    Semoga membantu:)

    BalasHapus
  3. Halo neng, saya akan mencoba menjawab pertanyaan no 3 menurut saya hubungan zat warna dengan spektro UV-Vis adalah sebagai mana kita tahu bahwa fungsi dari spektro UV-Vis ini adalah Menentukan jenis kromofor, ikatan rangkap yang
    terkonyugasi dan auksokrom dari suatu senyawa organik. Kromofor ini adalah pigmen yang sangat sensitif thd cahaya sehingga kromofor ini lah yg menyebabkan adanya warna.
    Semoga membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer